281 Putra-putri Aceh Ikut Seleksi Calon Mahasiswa ke Timur Tengah


GoAtjeh| BANDA ACEH - Sebanyak 281 putera-puteri Aceh mengikuti ujian seleksi penerimaan mahasiswa program Strata Ssatu (S1) ke beberapa Perguruan Tinggi di Timur Tengah. Proses seleksi berlangsung di Auditorium Ali Hasjmy UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Kamis, 19 Mei 2016.
Kepala Seksi Penjaminan Mutu Kelembagaan Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama RI Mizan Sya’roni, M.A di sela-sela proses seleksi mengatakan, tes atau seleksi calon mahasiswa penerima beasiswa di Timur Tengah seperti ini diselenggarakan pada setiap tahun, hal ini dilakukan untuk merekrut calon penerima beasiswa dari Kementerian Agama, di bawah Direktorat Pendidikan Tinggi Agama Islam.
“Kegiatan semacam ini khusus bagi calon mahasiswa yang akan dikirim ke beberapa perguruan tinggi di tiga negara di Timur Tengah yaitu Mesir, Maroko dan Sudan. Tahun ini ada 4883 orang yang mendaftar di seluruh Indonesia, sedangkan diterima hanya 55 orang yang akan dinyatakan lulus seleksi dengan komposisi antara lain, 20 orang dikirim ke Mesir, 20 ke Sudan dan 15 orang ke Maroko,” ujarnya.
Mizan menyebutkan, peserta yang mendaftar pada tahun 2016 ini mencapai 4483 orang, melalui panitia pada sembilan perguruan tinggi yang menjadi panitia pelaksana lokal, antara lain UIN Ar-Raniry Banda Aceh sebanyak 281 pendaftar, 224 di UIN Raden Fatah Palembang, 167 di UIN Sumatera Utara, 374 di UIN Sultan Syarif Kasim Pekan Baru, 1745 di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 682 di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 597 di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 328 di UIN Alauddin Makasar dan 85 orang di IAIN Antasari Banjarmasin.
Dia menambahkan, seleksi ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Islam secara khusus melalui Subdit Kelembagaan.
"Dari keseluruhan yang mengikuti seleksi ini akan diambil nilai tertinggi dari masing-masing wilayah, diupayakan ada kebijakan untuk pemerataan wilayah, namun yang lebih diutamakan merupakan nilai murni itu sendiri yang menjadi kriteria paling menentukan menurut jawaban masing-masing peserta."
Sementara itu, Ketua Panitia Lokal untuk UIN Ar-Raniry Dr. H. Muhibbuthabry, M.Ag mengatakan, tahun 2016 ini jumlah pendaftar untuk program beasiswa ke Timur Tengah yang akan memilik perguruan tinggi pada tiga negara tersebut mencapai 281 orang, manyoritas mereka terdiri dari dayah atau pesantren yang ada di Aceh.
Pelaksanaan tes ujian tulis bagi peserta dari Aceh dilakukan di Auditorium Ali Hasymi UIN Ar-Raniry selama satu hari, dengan materi tes antara lain hafalan ayat-ayat Alquran, pengetahuan Keislaman, pemahaman teks Arab, kemampuan berkomunikasi bahasa Arab, pengetahuan bidang Fiqh dan Hadits dan peserta diminta untuk mengarang dalam bahasa Arab.

Pengumuman kelulusan akan disampaikan melalui situs resmi Direktorat Perguruan Tinggi Kementerian Agama RI pada 25 Mei 2016 Mendatang.[portalsatu.com]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "281 Putra-putri Aceh Ikut Seleksi Calon Mahasiswa ke Timur Tengah"

Posting Komentar