Debit Air Pengaruhi Produktivitas Gabah Aceh Utara


GoAtjeh| Aceh Utara - Turunnya debit air sangat mempengaruhi produktivitas gabah tahun ini di Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh.

Dimana produktivitas gabah musim panen tahun ini, mengalami penurunan yang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah akibat kurangnya debit air untuk kebutuhan persawahan.

Kepala Bidang Pengembangan Lahan dan Perlindungan Tanaman Pangan, Dinas Pertanian Aceh Utara, Salahuddin, di Lhokseumawe, Kamis mengatakan, kekurangan debit air untuk keperluan aktivitas petani di persawahan itu sangat mempengaruhi tingkat produktivitas gabah di wilayah tersebut.

Menurutnya, penyebab kekurangan debit air di sungai selain dipengaruhi oleh curah hujan yang rendah, juga sangat dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Seperti terjadinya penebangan pohon di hutan juga sangat memprihatinkan, karena imbasnya juga terhadap masyarakat petani yang membutuhkan air yang memadai.

"Misalkan seperti di Kecamatan Meurah Mulia, para petani disana sumber debit air itu berasal dari Krueng Pase (Sungai), jika terjadi kekurangan air di sungai dimaksud tentu aka berimbas terhadap tanaman padi masyarakat setempat, selama ini yang terjadi memang demikian," ungkapnya.

Salahuddin menambahkan, selain faktor itu, berkurangnya tingkat produksi padi di daerah tersebut juga disebabkan oleh serangan hama, kekurangan pupuk, sehingga tingkat kualitas tanaman menjadi rendah.

"Kita menargetkan setiap kecamatan bisa mencapai sebanyak 7 Ton gabah per hektare saat panen, namun untuk tahun ini rata-rata tidak tercapai seperti yang ditargetkan," ujarnya.


Lebih lanjut ungkap Salahuddin lagi, selain berbagai persoalan diatas, upaya lain untuk meningkatkan produktivitas gabah, petani juga harus intensif melakukan perawatan tanaman, seperti pengendalian penyakit hama, pemberian pupuk yang memadai serta berupa hal lainnya, agar tanaman semakin berkualitas.**[antara]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Debit Air Pengaruhi Produktivitas Gabah Aceh Utara"

Posting Komentar