Pertamina Tekor Rp.15 Triliun


GoAtjeh| JAKARTA, Corporate Secretary PT Pertamina (Persero) Wisnuntoro Sardjono mengatakan kerugian perusahaan minyak dan gas pelat merah itu saat ini sudah mencapai Rp 15,2 triliun. Jumlah ini naik Rp 2,7 triliun bila dibandingkan dengan kerugian awal Juli 2015 yang mencapai Rp 12,5 triliun.

“Kami masih menjual bensin di bawah harga keekonomian,” kata Wisnuntoro usai diskusi “Energi Kita” di Jakarta, Minggu, 20 September 2015. Saat ini, Premium dijual Rp 7.400, atau selisih Rp 300-400 dari harga keekonomian Rp 7.700-7.800 per liter.

Penurunan harga minyak dunia saat ini, kata Wisnuntoro, seolah tak berpengaruh pada kerugian Pertamina. Sebabnya, nilai dolar pun merangkak naik hingga tembus Rp 14 ribu. Dengan demikian, biaya yang harus dikeluarkan juga tetap tinggi.

Namun, Wisnu mengaku kinerja Pertamina jauh membaik. Saat ini, sudah ada upaya untuk peningkatan kapasitas dan produksi di 6 kilang milik Pertamina. salah satunya Residual Fluid Catalitic Cracking atau RFCC di kompleks kilang Pertamina Cilacap, Jawa tengah.

Kilang tersebut bisa menghasilkan minyak mentah kualitas tinggi. Pertamina menargetkan akan mendulang keuntungan Rp 1,5-1,7 triliun dari kilang itu. “Dulu tidak ada proses seperti ini, seolah ada pihak yang ingin kita terhambat,” ujar Wisnu.

Selain itu, ada juga upaya peningkatan produksi kilang lokal untuk memenuhi kebutuhan lokal sebanyak 1,6 juta barel per hari. “Kami tingkatkan dari 1,05 juta barel per hari. Jadi kita tak perlu bergantung pada Singapura lagi,” katanya seperti dilansir Tempo.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pertamina Tekor Rp.15 Triliun"

Posting Komentar