Mendes Bagikan SKB Penyaluran Dana Desa ke Kades Aceh


GoAtjeh| Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar membagikan Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri terkait penyaluran dana desa kepada 200 kepala desa dari Kabupaten Aceh besar dan 50 kepala desa di Kabupaten Aceh Jaya. Sosialisasi SKB tiga menteri antara Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri, dan Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi ini bertujuan untuk mempermudah pencairan dana desa.

"Saya bawakan SKB ini dari Jakarta, karena banyak kepala desa yang belum dapat dan belum mengetahui. SKB ini wujud sinkronisasi antara tiga menteri, sebagai acuan dalam rangka penggunaan dan penyaluran dana desa," ujar Menteri Marwan di Gedung Serbaguna, Provinsi Aceh, Selasa, 3 Mei 2016.

Kata Marwan, dalam SKB ini sudah dilampirkan beberapa model pembuatan APBDes dan model pelaporan dana desa. "Dengan adanya SKB tiga menteri, sudah tidak ada lagi pencairan berbelit-belit, cukup dua lembar pelaporan, dan validasinya dipermudah," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Menteri Marwan juga mengingatkan kepada para kepala daerah untuk tidak melakukan pemungutan apa pun dalam proses pencairan dana desa. "Tidak boleh lagi ada pungutan liar dalam proses pencairan dana desa. Tidak boleh meminta-minta kepada kepala desa," kata marwan.

Sementara itu, Gubernur Aceh Zaini Abdullah berharap kehadiran Menteri Marwan di Provinsi Aceh bisa memberikan motivasi dan inspirasi bagi para kepala desa untuk komitmen membangun desa di Aceh. "Masyarakat desa pada Pemerintahan Jokowi mendapatkan penghargaan luar biasa, karena ada dana desa dan Pak Menteri langsung yang menyampaikan arahan," ujar Zaini.

Menurut Zaini, Provinsi Aceh mendapatkan dana desa sebesar 3,8 triliun untuk tahun 2016 ini. "Dana desa di Aceh meningkat 100 persen dibandingkan tahun kemarin. Anggaran desa ini akan kami selaraskan dengan program di gampong-gampong (desa), selanjutnya semua dana kami bagikan ke seluruh desa," katanya.**[tempo]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mendes Bagikan SKB Penyaluran Dana Desa ke Kades Aceh "

Posting Komentar